Susi Pudjiastuti Ceritakan Sukses Tenggelamkan Kapal Maling Ikan

Menteri Kelautan serta Perikanan, Susi Pudjiastuti, berikan kuliah umum menyambut mahasiswa baru di Institut Tehnologi Bandung (ITB). Dihadapan mahasiswa baru ITB, Susi menceritakan ilegal fishing di Indonesia.

Menurut Susi illegal fishing di Indonesia telah lama berlangsung. Tetapi, jumlahnya semakin banyak pada 2001 waktu pemerintah waktu itu menerbitkan lisensi kapal asing mempunyai izin tangkap.

"Pada zaman itu mengizinkan, undang-undangnya diperbolehkan. Tapi persoalannya tanpa kontrol. Beli izinnya satu, yang datang sepuluh (kapal)," kata Susi di hadapan mahasiswa baru di Gedung Sabuga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jabar, Jumat (18/8/2017).

Sejak ia ditunjuk Jokowi jadi Menteri Kelautan serta perikanan, Susi temukan banyak persoalan dalam perikanan di Indonesia. Misalnya, stock ikan cuma 6, 5 juta ton, nelayan malas melaut karena kurangnya ikan, sampai 115 exportir tutup.

Akhirnya, Susi selekasnya ambil langkah tegas menertibkan illegal fishing di laut Indonesia.

"Akhirnya saya kumpulkan Dubes-dubes beberapa negara. Saya bilang akan menerapkan dengan tegas Undang-undang perikanan 45/2009 dengan menenggelamkan kapal asing," kata Susi.

Pada akhirnya mulai sejak waktu itu sampai saat ini, kebijakan penenggelaman kapal masih tetap dikerjakan. Dengan penenggelaman kapal, tak ada yang berani sekali lagi lakukan illegal fishing di laut Indonesia.

"Dengan penenggelaman kapal ini sudah hal yang sangat benar. Stok ikan yang awalnya 6,5 juta ton, sekarang 12,5 juta ton, " katanya.

Sesaat di empat yang sama, Kepala Sub-Direktorat Humas serta Publikasi ITB, Fivien Nur Savitri, menyebutkan aktivitas kuliah umum adalah satu diantara rangkaian dalam aktivitas mahasiswa baru Institut Tehnologi Bandung.

"Totalnya ada sekitar 3.900 orang mahasiswa baru Institut Tehnologi Bandung program sarjana yang mengikuti kegiatan ini," kata Fivien.